Categories: Artikel

Geotextile itu Apa? Ketahui Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Bagi Anda yang bekerja di bidang konstruksi maupun teknik sipil pasti tidak akan asing dengan istilah Geotekstil. Bisa dikatakan geotextile ini merupakan bahan yang paling banyak digunakan dalam dunia perkonstruksian.

Geotextile, material yang dikenal lama ini menggunakan bahan serat sintetis yang kuat sehingga lebih awet dan tahan lama. Salah satu karakter yang paling menonjol dari material ini adalah tidak tembus air. Maka sangat cocok untuk berbagai proses pembangunan yang meredam air atau cairan.

Pengertian Geotextile

Jadi apa itu geotekstil? Geotextile adalah bahan mirip yang sering digunakan untuk memisahkan, menyaring, memperkuat, melindungi tanah dan bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah. Geotekstil sendiri biasanya terbuat dari material polipropilen atau poliester.

Jenis-Jenis Kain Geotextile

Geotekstil terdiri dari dua jenis yaitu Geotextile Woven dan Geotextile Non Woven, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Apa itu Geotextile Woven?

Geotekstil Woven

Salah satu jenis Geotekstil adalah Geotextile woven yang merupakan lembaran tekstil yang dibuat dengan cara menganyam dua set atau lebih. Seperti benang, fiber, pita, atau filamen dari polypropelene yang di rajut dimana elemen ini saling bertautan dengan bahan dasar pembuatannya yakni Polypropylene (PP).

Menurut tes yang dilakukan oleh ASTM Internasional, Geotekstil Woven umumnya tipis dan memiliki kekuatan tarik tinggi (bujur lebih besar dari garis lintang) baik secara vertikal maupun horizontal, serta memiliki stabilitas yang baik. Tak hanya itu, geotekstil woven juga mempunyai tingkat koefisien geser yang besar. Dari hasil tes tersebut, bisa dikatakan geotextile woven ini mampu digunakan untuk menstabilkan dan menguatkan tanah.

Kelebihan Geotekstil Woven

  • Kuat dan Tahan Lama
  • Performa Stabil
  • Tahan terhadap Zat Kimia
  • Tahan terhadap Panas
  • Tahan terhadap Sinar Ultraviolet
  • Tahan terhadap Mikro Organisme dan Serangga

Manfaat Geotekstil Woven

  • Konstruksi Jalan Beraspal dan Tidak Beraspal
  • Tembok Penahan dan Tanggul
  • Landasan Pacu Bandara
  • Penguatan lereng
  • Penanggulangan Longsor
  • Reklamasi Pantai
  • Konstruksi Kelautan

Harga Geotekstil Woven Terbaru

Untuk harga geotextile yang beredar dipasaran sangat beragam mulai dijual per meter sampai minimal pembelian per rol. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai harga, konsultasi dengan kami melalui kontak berikut.

Fungsi Geotextile Woven

Geotextile Woven berfungsi sebagai bahan stabilisasi tanah dasar yang biasanya diaplikasikan sebagai Konstruksi Jalan, Perkuatan Dasar Timbunan, Perkuatan Lereng dan DInding Penahan, Reklamasi & Pemecah Gelombang, Infrastruktur Bendungan & Irigasi, Konstruksi Jalan Rel & Bandara, Lahan Kerja Konstruksi, dan lain sebagainya.

Selain itu ada enam fungsi dari geotekstil woven yang diantaranya:

  • Perlindungan
    Mencegah erosi tanggul oleh angin, gelombang, pasang surut dan hujan dan digunakan untuk melindungi tepian, melindungi lereng, melindungi fondasi dan mencegah erosi tanah.
  • Penguatan
    Digunakan dalam proyek geosintetik seperti jalan raya, rel kereta api, bandara, bendungan batu, pemecah gelombang, dinding penahan tanah, timbunan, penghalang, dll. Untuk mengurangi tekanan tanah, meningkatkan modulus elastisitas, membatasi slip dan meningkatkan stabilitas.
  • Penyaringan
    Geotekstil Woven digunakan untuk menyaring lapisan bendungan, bendungan, sungai dan batuan pantai, lereng tanah, dinding penahan, untuk mencegah lewatnya partikel pasir dan untuk aliran air atau udara secara bebas.
  • Pemisahan
    Pemisahan berbagai bahan pekerjaan tanah dengan kain pekerjaan tanah untuk membentuk antarmuka yang stabil, sesuai dengan persyaratan, untuk memainkan karakteristik dan peran keseluruhannya sendiri.
  • Fungsi Memblokir Partikel
    Fitur untuk memposisikan Geotekstil Woven secara horizontal di saluran aliran fluida tersuspensi untuk memblokir partikel lumpur kecil dan memungkinkan cairan melewatinya.
  • Kekuatan Tarik Diafragma
    Geotextile Woven yang digunakan dalam kombinasi dengan geomembran dapat bertindak sebagai diafragma tekanan antara dua bahan pada tekanan yang berbeda. CV Mega Abadi Perkasa menjual geotekstil woven harga murah dan kualitas terbaik.

Sampai disini Anda mungkin sudah paham bukan tentang pengertian geotekstil woven beserta fungsinya.

Lalu Apa Itu Geotextile Non Woven?

Non Woven Geotextile

Geotextile Non Woven adalah jenis geotekstil yang terbuat dari serat polyester (PET) atau polyprophylene (PP) yang tidak teranyam, berbentuk seperti karpet kain, dan umumnya berwarna putih. geotekstil ini mempunyai kemampuan hidrolik dan separasi yang sempurna. Biasa di aplikasikan untuk tanah yang padat.

Geotekstil Non Woven menawarkan sebagai pemisahan, penyaringan dan perlindungan tanah. Geotekstil Non Woven ini merupakan solusi hemat biaya karena dapat meningkatkan daya tahan konstruksi modern dalam berbagai aplikasi teknik sipil.

Non Woven Geotextile terbuat dari serat stapel Polyester atau Polypropylene dengan sifat hidrolik dan pemisahan yang sangat baik.

Kelebihan Geotekstil Non Woven

  • Ekonomis
  • Kurangi Ketebalan Tempat Pembuangan Akhir
  • Tingkatkan Fungsi Drainase dan Filtrasi
  • Tingkatkan Stabilitas dan Dukungan Tanah
  • Tahan terhadap UV, Zat Kimia dan Mikro Organisme

Manfaat Geotekstil Non Woven

  • Pemisahan Antar Lapisan Tanah
  • Pemisahan Antara Basis Jalan dan Tanah Lunak
  • Mencegah Pencampuran Tanah dan Batuan Agregat
  • Drainase Vertikal dan Horizontal

Fungsi Geotekstil Non Woven

Fungsi utama dari geotekstil non-anyaman adalah pemisahan, filtrasi, dan drainase. Proses pembuatan kain ini melibatkan meninju jarum sebagai lawan menenun. Kain Geotextile Non Woven mengacu pada beratnya (yaitu 3,4 ons per yard persegi) dan lebih terasa seperti dalam nuansa dan penampilan. Mereka menawarkan permeabilitas dan umumnya digunakan dalam aplikasi di mana drainase dan filtrasi menjadi perhatian utama.

Perbedaan Geotextile Woven dan Non Woven

Geotextile Woven umumnya dikenal sebagai kain tenun, sedangkan kain Geotekstil Non Woven tidak memiliki tenun.

Sedangkan untuk kain Geotekstil Non Woven biasanya akan berupa sistem perakitan yang dibentuk dengan menggunakan berbagai sistem. Beberapa dari sistem ini, misalnya melibatkan heat bonded atau penggunaan panas. Ada juga yang menggunakan jarum, serta yang menggunakan bahan kimia bernama chemical bonded.

Meskipun kedua bahan tersebut berbeda, namun geotekstil woven dan non-woven terdiri dari bahan yang sama yaitu polyester, polyethylene, polypropylene dan polyamide.

Dimana yang Jual Geotextile?

Jika Anda tertarik untuk membeli geotekstil woven atau non woven, Anda bisa menghubungi Kami (CV Mega Abadi Perkasa) supplier yang jual geotextile woven maupun non woven, informasi lebih lanjut hubungi kami di nomor 08129339220 & 082125911668.

Dengan mengetahui kegunaan geotekstil secara keseluruhan, Anda tentunya akan menggunakannya sebagaimana mestinya. Kegunaan geotekstil yang sangat beragam ini sangat efektif dan hemat biaya bukan? Semoga bermanfaat!

Recent Posts

Geosintetik, Teknologi Baru untuk Konstruksi dan Pemeliharaan Jalan

Selama 25 tahun terakhir, sejumlah teknologi inovatif telah dikembangkan untuk mengatasi masalah terkait tanah dalam konstruksi. Mereka dirancang agar lebih…

July 7, 2021

Fungsi Geobag Sebagai Solusi Mencegah Erosi Pantai

Ada yang pernah dengar, baca atau tahu tentang Geobag? Yang sangat penting dalam hidup. Bagaimanapun juga, Geobag ini menjadi salah…

July 7, 2021

Apa Itu Erosi Pantai dan Penyebab Erosi Pantai di Indonesia

Selain mempunyai lautan yang luas, Indonesia juga memiliki banyak pantai yang indah dan cantik. Namun dari sekian banyaknya pantai tersebut,…

July 7, 2021

2 Perbedaan Geotextile dan Geomembrane yang Harus Anda Ketahui

Geomembran dan geotekstil sering digunakan dalam konstruksi teknik sipil. Ada sejumlah perbedaan antara geotextile dan geomembrane. Karena mereka adalah bahan…

July 7, 2021

Pengertian Geomembrane, 4 Jenis Geomembran dan Fungsinya

Sebagian orang mungkin pernah melihat Geomembrane dalam aktivitasnya sehari-hari. Namun, karena istilah ini banyak digunakan oleh para insinyur, istilah Geomembrane…

July 7, 2021

Contoh Penggunaan Geotextile Dalam Proses Pembangunan

Jika Anda sudah terbiasa bekerja dalam proyek pembangunan, maka tak heran jika sudah tidak asing lagi dengan berbagai material ini.…

June 5, 2021