Artikel

Geogrid Adalah ?- Definisi, Kelebihan, dan Fungsi

Geogrid adalah sebuah material konstruksi yang biasa digunakan sebagai perkuatan atau tulangan. Namun sifatnya sangat berbeda dari material geotekstil meskipun keduanya sama-sama berguna sebagai perkuatan. 

Apabila Anda lebih sering melihat geotekstil yang digunakan di suatu konstruksi, nah geogrid ini sebenarnya juga umum sekali kegunaannya. Geogrid dibuat dengan proses ekstrusi lembaran, jahitan, pemanasan dan peregangan. 

Material tersebut memiliki kekuatan tarik tinggi dan yang melebihi standar internasional sebagai bahan perkuatan. Geogrid dapat meningkatkan kinerja subbase dan subgrade yang berfungsi sebagai perkuatan untuk material timbunan kembali. Bahan ini semakin efektif karena proyek berurusan dengan tanah yang kompleks secara geoteknik.

Geogrid Adalah..?

Sumber gambar: Alibaba

Geogrid adalah material polimer yang tersusun dan berbentuk jaring dengan menyilangkan serat pada sambungannya, yang terbuat dari polypropylene sebagai bahan utamanya. 

Geogrid tergolong salah satu jenis geosintetik dengan bukaan yang memungkinkan  interlocking antara tumpukan agregat untuk membentuk lapisan penguat konstruksi tanggul dengan beban berat yang biasa digunakan untuk jalan, rel kereta api, rel, dinding penahan tanah, dll.

Geogrid terdiri dari 3 jenis, yaitu: 

  • Geogrid Uniaxial, mempunyai lubang yang menyerupai persegi panjang.
  • Geogrid Biaxial, mempunyai lubang yang berbentuk persegi
  • Geogrid Triaxial, mempunyai lubang dengan bentuk segitiga

Nah, ada dua komponen yang digunakan dalam metode pemindahan tegangan geogrid seperti gesekan tanah horizontal di permukaan grid dan juga tahanan pasif (dari tanah horizontal) terhadap bagian grid yang berbentuk melintang. 

Keuntungan Menggunakan Geogrid

Sumber gambar: Alibaba

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa geogrid biasa diaplikasikan pada jalan kereta api, jalan raya, dinding penahan, dll karena sangat mudah digunakan pada urugan tanah granular yang sudah dipadatkan. 

Nah, jika Anda masih bertanya-tanya apa keuntungan dari menggunakan geogrid ini, mari simak beberapa poinnya. 

Tahan Terhadap Lingkungan

Yang pertama adalah tahan terhadap lingkungan yang bisa rusak. Geogrid sebagai bahan material konstruksi mempunyai ketahanan yang kuat terhadap biologi dan juga kimia. 

Mudah Digunakan

Sama seperti yang sudah dijelaskan bahwa geogrid juga sangat mudah saat pengaplikasiannya. Terlebih, bahannya juga ringan menjadikan geogrid banyak dipakai untuk tujuan tertentu. 

Ingin Menyambung Bahan Material?

Terakhir, geogrid sangat mudah untuk disambungkan satu sama lain. Jadi saat proses melakukannya pun Anda tidak perlu menggunakan tenaga yang kuat karena material ini easy to use

Apa Saja Fungsi Geogrid?

Sumber gambar: FW-Nicol

Sesudah memahami apa saja kelebihan dari bahan geogrid ini, Anda harus perhatikan lagi beberapa fungsi penggunaan dari material geosintetik ini. 

1. Perkuatan

Peningkatan keseluruhan dari kekuatan sistem dicapai dengan memperkuat geosintetik (daya dukung yang baik) di dalam tanah dan/atau sistem sintetis (baik dalam kompresi tetapi kurang dalam ketegangan) untuk memberikan kekuatan yang lebih besar dan juga stabilitas struktural. 

Geogrid juga bisa digunakan sebagai perkuatan dalam konstruksi lereng, terutama lereng besar.

2. Stabilisasi

Berikutnya sebagai stabilisasi atau juga dukungan beban, geogrid mengandalkan interlocking sebagai material timbunan. Dengan kestabilan ini akan timbul kemungkinan untuk meningkatkan resistensi di atas tanah dasar. 

3. Erosion Control

Fungsi pengendalian erosi adalah untuk melindungi permukaan tanah dan mencegah lepasnya partikel tanah oleh yang disebabkan oleh hujan, air mengalir atau angin.

Jenis-Jenis Geogrid

Sumber gambar: geosyntheticschina

Geogrid  umumnya mencakup dua jenis, Geogrid Uniaxial dan Geogrid Biaxial. Geogrid Biaxial adalah geogrid yang digunakan sebagai bahan penstabil atau perkuatan pada tanah  yang lemah, seperti daerah rawa, lanau dan gambut. Geogrid jenis tersebut berfungsi sebagai interlocking (kunci komposit) sehingga isian atas lebih kaku, dan juga menghasilkan distribusi beban yang lebih merata. 

Fungsi dari geogrid biaksial adalah untuk menstabilkan lapisan di bawahnya untuk mencegah penurunan diferensial (penyelesaian lokal) yang bisa mengurangi biaya perawatan. Geogrid jenis ini juga dapat mengurangi ketebalan alas atau pengisi hingga 60%. Tentu saja jadi bisa menghemat biaya konstruksi.

Geogrid Uniaxial umum sekali digunakan dalam perkuatan tanah, dinding penahan, lereng, stabilitas lereng dan tanggul pada tanah lunak. Kebanyakan jenis tersebut berguna untuk memperkuat lereng. Sebagai kesimpulan, geogrid adalah salah satu jenis material geotextile yang banyak digunakan sebagai perkuatan tanah. Umumnya berbentuk yang ringan dan mudah pada proses pengaplikasiannya. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Jangan lupa juga untuk ketinggalan update artikel informatif lainnya seputar geotextile non woven dan woven, serta informasi tentang dunia industri dan konstruksi lainnya dari kami. Terimakasih telah membaca.

Baca Juga : Contoh Penggunaan Geotextile Dalam Konstruksi

Endar Julian

Recent Posts

Geocell Adalah ? – Definisi, Kegunaan dan Keunggulan

Geocell adalah salah satu jenis dari bahan geosintetis yang terbuat dari High Density PolyEthylene (HDPE).…

January 19, 2022

Geocomposite Adalah ? – Definisi, Fungsi dan Aplikasinya

Geocomposite adalah salah satu material yang banyak dibutuhkan di sejumlah proyek, terutama proyek penguatan tanah.…

December 30, 2021

Teknik Quilting Adalah ? Definisi, Prinsip, dan Penggunaan

Apakah teknik quilting adalah teknik menjahit? Hm, mungkin umumnya teknik penjahitan banyak orang paham hanya…

December 18, 2021

2 Kelebihan Polyester Fiber Sebagai Bahan Baku Industri

Apa saja kelebihan polyester fiber ? Bahan ini menjadi produk unggulan di kalangan masyarakat, namun…

December 18, 2021

Polyester Fiber Adalah? Definisi, Manfaat dan Kelebihannya

Ditemukan pertama kali pada tahun 1941 oleh Whinfield and Dickson, Polyester Fiber adalah salah satu…

December 17, 2021

Geosintetik, Teknologi Baru untuk Konstruksi dan Pemeliharaan Jalan

Geosintetik adalah salah satu material proyek yang saat ini banyak digunakan dalam berbagai proyek konstruksi.…

July 7, 2021