Artikel

2 Kelebihan Polyester Fiber Sebagai Bahan Baku Industri

Apa saja kelebihan polyester fiber ? Bahan ini menjadi produk unggulan di kalangan masyarakat, namun sayangnya masih banyak sebagian orang yang belum paham apa itu polyester fiber dan apa manfaat yang bisa didapatkan. 

Tidak perlu khawatir, di dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mulai dari pengertian, tujuan, sampai keunggulan jika menggunakan produk material tersebut. 

Apa Yang Dimaksud dengan Polyester Fiber?

Polyester fiber atau serat polyester didefinisikan sebagai salah satu bahan yang terbuat dari kandungan senyawa kimia sintetis. Bahan tersebut memiliki variasi kegunaan dalam industri di Indonesia. 

Terlebih, Polyester fiber tersebut dinyatakan sebagai bahan jenis alami, seperti wol atau katun yang kemudian bisa dibuat untuk benang. 

Bahan tersebut termasuk dari jenis polimer yang memiliki fungsional ester di dalam rantai utama. Meskipun ada banyak sekali jenis polyester yang termasuk bahan polietilena tereftalat (PET), namun polyester adalah suatu bahan kimia alami yang terbuat dari kulit ari tumbuhan. 

Selain itu polyester juga terbuat dari kimia sintetis polikarbonat dan juga polibutirat. Sehingga karena itulah serat polyester berbentuk Ion molekul yang kuat dan juga stabil. 

Apa Saja Fungsi Polyester Fiber?

Nah, apabila Anda ingin menggunakan bahan tersebut, Polyester fiber berfungsi untuk pembuatan produk seperti peralatan rumah tangga, pakaian, kain. perekam kaset komputer, dan sebagainya. 

Karena memang dibuat dari bahan yang alami, Polyester fiber memiliki keunikan karena tidak menyerap lembab dan juga minyak. Jadi, dengan daya serap yang sangat baik, bahan tersebut cocok membuat pakaian menjadi nyaman apabila digunakan. 

Pakaian yang dibuat menggunakan Polyester fiber tersebut tentu saja tidak mudah mengkerut ataupun berubah bentuk. Selain itu, kain pakaian pun menjadi lebih mudah untuk diberi warna dan juga pada proses sablon. 

Terlebih, bahan tersebut aman dari jamur karena tidak mudah rusak. Selain untuk pakaian, Polyester fiber juga bisa digunakan untuk mengisi bantal, pakaian luar, selimut, dan juga kantong tidur. 

Apa Saja Kelebihan Polyester Fiber?

Meskipun termasuk bahan tekstil yang mengalami kemajuan dan juga perkembangan yang pesat, Polyester fiber ternyata pertama kali dikenalkan pada tahun 1941. Dari masa ke masa itulah kegunaan dari bahan tersebut mempunyai peran besar sebagai bahan dasar dari industri di dunia. 

Hm, sangat hebat bukan? Bahan berkualitas baik tersebut ditemukan oleh Whinfield dan juga Dickson sehingga memiliki banyak kelebihan pada kegunaannya. 

Selanjutnya, mari bahas apa saja kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika memilih Polyester fiber untuk membuat suatu barang. 

1. Sebagai Bahan Dasar Pakaian

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Polyester fiber bisa menjadi bahan utama pembuatan pakaian karena dari memiliki sifat yang terkenal berkualitas di dunia industri. 

Yang pertama karena kelebihannya tahan lama dan tidak mudah melar, sehingga pakaian jika dipakai dalam jangka waktu lama tidak mudah mengkerut akibat masa penyimpanan. 

Selain itu, saat pada proses pembuatan pun bahan Polyester fiber cepat kering sehingga mudah jika diwarnai. Terlebih saat sudah dijadikan pakaian, bahan dari polyester tersebut tidak membuat pakaian menjadi kusut setelah dicuci dan juga tahan dengan bakteri jamur dan juga air. 

2. Sebagai Bahan Benda Berat

Nah, selain untuk pakaian, Polyester fiber juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat peralatan rumah tangga, kendaraan bermotor, dan juga perangkat komputer. Tentu saja bahan tersebut menjadi rekomendasi utama karena tahan terhadap bahan kimia serta pelarut organik. 

Selain yang disebutkan, bahan tekstil tersebut bisa diandalkan sebagai alternatif dari kaca dan juga keramik. 

Namun perlu Anda perhatikan, meskipun memiliki banyak kelebihan, Polyester fiber tidak tahan terhadap panas dan juga mudah terbakar. Jadi pada saat pengaplikasian harus hati-hati supaya hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. 

Selain itu, meskipun bisa dijadikan alat rumah tangga, namun apabila dijadikan tempat makan dan digunakan dalam jangka waktu akan mempengaruhi kesehatan fisik juga. Jadi selain memahami kelebihan polyester fiber, Anda juga harus paham dengan kelemahan dan juga dampaknya supaya paham bagaimana cara menggunakannya dengan benar.

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai kelebihan Polyester Fiber. Semoga ulasan bermanfaat untuk anda yang membacanya. Jangan lupa untuk membaca ulasan menarik lainnya dari kami dengan mengikuti blog ini, khususnya seputar Geotextile woven dan non woven. Terima kasih telah membaca.

Endar Julian

Recent Posts

Water Barrier Adalah – Definisi, Fungsi dan Spesifikasinya

Water barrier adalah benda yang mungkin sering anda lihat di ruas jalan raya, namun anda…

March 17, 2022

Bronjong Adalah – Definisi, Fungsi dan Cara Pemasangannya

Bronjong adalah salah satu material dalam dunia konstruksi yang umumnya ditemukan pada sejumlah pekerjaan sungai…

March 2, 2022

Welding Rod Adalah – Definisi, Fungsi Hingga Harganya

Dalam sejumlah proyek tambang dan juga teknik sipil, welding rod adalah salah satu bahan material…

March 1, 2022

Contoh Perhitungan geotextile Pada Proyek Perkerasan Jalan

Bagaimana perhitungan geotextile pada protek perkerasan jalan? artikel kami kali ini akan memberikan contoh perhitungan…

February 16, 2022

Spesifikasi Geotextile Non Woven dan Woven

Mengetahui apa saja spesifikasi geotextile non woven menjadi hal penting yang tidak boleh dilupakan saat…

February 14, 2022

Biaxial Geogrid : Definisi, Fungsi dan Keunggulannya

Biaxial geogrid merupakan salah satu bagian dari geosintetik yang terbuat dari bahan polimer. Sayangnya, masih…

February 14, 2022