Artikel

Teknik Quilting Adalah ? Definisi, Prinsip, dan Penggunaan

Apakah teknik quilting adalah teknik menjahit? Hm, mungkin umumnya teknik penjahitan banyak orang paham hanya dengan 2 teknik saja yaitu teknik manual dan juga yang menggunakan mesin. Namun ternyata kedua teknik tersebut masih terbilang sangat luas. Ada metode yang lebih spesifik lagi yang dinamakan dengan quilting ini. 

Teknik tersebut sebenarnya dikenal dengan salah satu teknik atau metode penjahitan yang memang berguna untuk menyempurnakan hasil kain dengan teknik jahit tindas. Tentu saja, dari pola dasar yang benar-benar sangat sederhana, teknik quilting tersebut semakin bergembang dan juga bervariasi, lho!. 

Teknik Quilting Adalah Teknik Menjahit Yang Seperti Apa?

Teknik quilting adalah teknik menjahit dengan menggabungkan potongan kain perca yang sesuai dengan desain yang sudah ditentukan sehingga akan menjadi satu kesatuan bagian indah yang berpola.

Sejarah mencatat seni menjahit tersebut ternyata sudah ada sejak abad ke 14, dan pertama kali dipopulerkan oleh orang-orang Eropa yang pada waktu tersebut melakukan perpindahan dari Eropa menuju Amerika. Tidak hanya itu, pada abad ke 18 sampai 19, seni menjahit tersebut semakin berkembang di beberapa daerah lain. 

Karena jauh sebelum berkembangnya teknik quilting tersebut, kaum wanita pada awalnya memanfaatkan kain sisa yang sudah tidak terpakai dibuat dan dijadikan selimut. 

Nah, setelah orang-orang di Mesir memproduksi bahan katun, mulailah orang-orang dengan status sosial tinggi memanfaatkan kain katun tersebut menjadi bahan dasar teknik quilting dan juga untuk keperluan kebutuhan lain. 

Perkembangan Teknik Quilting

Berawal yang hanya dibuat dari kain-kain sisa, di zaman sekarang bahan dasar untuk metode quilting tersebut semakin berkembang dari tahun ke tahun. 

Sekarang sudah tidak terbatas dari bahan tidak terpakai atau sisa produksi, namun sudah mulai ada kain yang memang dikhususkan untuk membuat jahitan dengan teknik quilting. Bahkan orang-orang juga bisa melakukan quilting dengan tangan maupun mesin jahit.

Secara umum, quilt biasanya terdiri dari dua sampai tiga lapisan saja. Lapisan atas disebut quilt top yang terdiri dari perpaduan kain katun perca, lapisan tengah disebut batting yang merupakan busa tipis berbahan katun ataupun polyester, dan yang terakhir lapisan ketiga yang juga disebut quilt backing terbuat dari bahan katun asli. 

Prinsip dan Desain Quilting

Hm, tampaknya Anda sudah mulai tertarik untuk membuat karya dengan quilting tersebut. Baiklah, untuk membuat suatu karya atau kerajinan yang unik dan menarik, pastikan dulu desainnya nanti harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan. 

Nah, ada beberapa prinsip-prinsip yang harus Anda perhatikan untuk membuat kerajinan seperti produk kriya menggunakan teknik quilting. 

1. Quilt harus menggunakan busa pelapis yang berguna untuk memunculkan bentuk relief dengan motif tertentu. 

2. Anda bisa melakukan jahit quilt menggunakan mesin jahit maupun tangan sendiri (jahit manual). 

3. Pola jahitan bisa Anda gambar terlebih dahulu di kain menggunakan garis pensil yang mudah jika dihapus atau juga mengikuti garis-garis motif lekapan di sambungan perca. 

4. Namun sebelum garis-garis quilt Anda jahit, atur dulu jarumnya di ketiga lapisan bahan supaya nantinya lapisan tidak bergeser. 

5. Apabila quilt di bagian polos, pakai bahan berkilau seperti kain berbahan satin supaya muncul efek relief yang cantik karena terdapat pantulan cahaya pada kain atau bahan tersebut. 

Alat-alat untuk Quilting

Jangan khawatir! Anda bisa mulai mencoba teknik tersebut dengan beberapa alat di bawah ini yang untuk menghasilkan sebuah karya yang indah. 

  • Alat tulis
  • Mesin jahit
  • Jarum jahit
  • Benang jahit
  • Pendedel
  • Setrika
  • Gunting kain

Apa Saja Yang Bisa Dihasilkan dari Quilting?

Apabila sekarang Anda sedang kebingungan menghasilkan kerajinan apa dengan teknik quilting tersebut, berikut ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda buat. 

  • Selimut
  • Bedcover
  • Alas tidur bayi atau balita
  • Sajadah
  • Sarung bantal hias
  • Tempat tisu
  • Jaket puffer
  • Dll

Yup, jadi teknik quilting adalah adalah teknik menjahit yang dilakukan untuk menggabungkan 2 kain. Anda bisa lakukan teknik tersebut menggunakan bahan kain sisa produksi ataupun kain bekas. Namun jika ingin hasil yang lebih baik, Anda bisa gunakan kain khusus yang dibuat untuk quilting.

Sekian ulasan dari kami mengenai teknik quilting dan juga penggunaannya. Semoga ulasan ini akan bermanfaat untuk anda yang membacanya. Jangan lupa juga untuk mengikuti artikel menarik lainnya dari kami, khususnya seputar bahan geotextile woven dan non woven.

Endar Julian

Recent Posts

Geocell Adalah ? – Definisi, Kegunaan dan Keunggulan

Geocell adalah salah satu jenis dari bahan geosintetis yang terbuat dari High Density PolyEthylene (HDPE).…

January 19, 2022

Geogrid Adalah ?- Definisi, Kelebihan, dan Fungsi

Geogrid adalah sebuah material konstruksi yang biasa digunakan sebagai perkuatan atau tulangan. Namun sifatnya sangat…

January 15, 2022

Geocomposite Adalah ? – Definisi, Fungsi dan Aplikasinya

Geocomposite adalah salah satu material yang banyak dibutuhkan di sejumlah proyek, terutama proyek penguatan tanah.…

December 30, 2021

2 Kelebihan Polyester Fiber Sebagai Bahan Baku Industri

Apa saja kelebihan polyester fiber ? Bahan ini menjadi produk unggulan di kalangan masyarakat, namun…

December 18, 2021

Polyester Fiber Adalah? Definisi, Manfaat dan Kelebihannya

Ditemukan pertama kali pada tahun 1941 oleh Whinfield and Dickson, Polyester Fiber adalah salah satu…

December 17, 2021

Geosintetik, Teknologi Baru untuk Konstruksi dan Pemeliharaan Jalan

Geosintetik adalah salah satu material proyek yang saat ini banyak digunakan dalam berbagai proyek konstruksi.…

July 7, 2021