Artikel

Fungsi Geobag Sebagai Solusi Mencegah Erosi Pantai

Ada yang pernah dengar, baca atau tahu tentang Geobag? Yang sangat penting dalam hidup. Bagaimanapun juga, Geobag adalah salah satu alat yang dapat berfungsi dan berdampak besar bagi kehidupan manusia dan alam. Bagi Anda yang belum mengetahui jenis, fungsi geobag, kegunaan geobag, manfaat geobag, dan informasi penting lainnya tentang geobag, berikut ini Nonwoven-geotextile.com berikan penjelasannya.

Saat ini, geobag telah menjadi salah satu alat yang dibutuhkan oleh banyak orang, baik publik maupun swasta. Fungsi geobag lainnya digunakan sebagai elemen bantu dalam proses penahanan erosi pantai dan banyak lainnya. Oleh karena itu, banyak yang ingin membeli dan memiliki barang yang satu ini. Namun, jika Anda ingin membeli produk ini, tentu saja Anda harus memperhatikan tempat pembelian dan produksinya terlebih dahulu.

Sekarang, sebagai alat yang penting dan termasuk dalam kategori geotekstil, geobag berfungsi untuk kemudian diisi dengan tanah dan dijahit sedemikian rupa. Jahitannya biasanya dibuat seperti bantalan untuk menggantikan batu atau struktur pondasi lainnya. Seperti disebutkan di atas, salah satu manfaatnya adalah terciptanya perlindungan pantai, sekarang lihat ulasan dibawah ini untuk detailnya.

Geobag Adalah….

Apa itu Geobag?

Geobag adalah kantong berbahan geotextile yang umumnya diisi pasir atau tanah, sehingga berbentuk seperti bantalan. Penggunaan geobag ini sendiri sering ditemukan pada proyek konstruksi bangunan pelindung pantai atau sungai.

Secara hidrolik dan geoteknik, geobag terbilang merupakan material yang lebih stabil dibandingkan dengan batuan. Pasalnya, material ini lebih berat, lebar dan juga memilik tinggi proporsional.

Fungsi Geobag Adalah…

Fungsi utama alat ini adalah sebagai penahan gelombang. Geobag dilengkapi dan dibentuk untuk menahan gelombang yang datang. Dengan cara ini pantai akan lebih terlindungi dari erosi jika Anda menggunakan alat ini.

Selain dapat berfungsi sebagai alat pelindung abrasi dan menahan serpihan gelombang yang datang, tentunya juga memiliki fungsi lain. Geobag berfungsi sebagai penopang tanggul, konstruksi lahan basah, penampung material penimbunan untuk pengemasan. Dan penggunaan seperti itu jelas diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, ya!

Jenis-jenis Geobag

Geobag sendiri terdiri dari dua jenis jika dilihat dari sisi material pendukungnya. Tipe pertama biasanya diisi dengan material pendukung pasir pantai menggunakan kantong plastik. Sedangkan jenis bahan yang kedua ditopang oleh tanah liat yang dijahit dari kain goni atau kain.

Keduanya bisa menjadi salah satu alat pelengkap untuk melindungi dari abrasi yang bisa menghantam pantai. Karena saat ini hanya bergantung pada kemampuan mangrove menahan abrasi, hal ini tidak berpengaruh signifikan. Inilah sebabnya mengapa banyak aktivis konstruksi menggunakan tas geopolimer untuk mengurangi kemungkinan abrasi.

Meski terdengar sederhana dan jenisnya tidak variatif seperti produk kimia atau elektronik lainnya, namun penggunaannya sangat bermanfaat. Anda tahu bukan hanya pasir atau tanah yang bisa Anda gunakan untuk mengisi alat ini!

Manfaat & Kegunaan Geobag

Kegunaan Geobag sendiri adalah untuk menahan abrasi pantai. Namun selain sebagai alat bantu untuk menahan keausan abrasi di darat, tentunya masih manfaat lain yang bisa digunakan, antara lain:

  1. Sebagai alat retensi material
  2. Sebagai media untuk membagi lahan basah
  3. Sebagai asisten dalam proses pengemasan
  4. Bisa memecahkan ombak

Keunggulan Penggunaan Geobag

Melansir informasi dari beberapa halaman teknik sipil, dijelaskan bahwa geobag memiliki beberapa keunggulan tersendiri dibandingkan dengan opsi material lainnya. Adapun keunggulan tersebut meliputi:

  • Dapat beradaptasi terhadap kondisi lokasi dan juga perubahan fondasi morfologis.
  • Dapat menghemat biaya konstruksi dibandingkan dengan penggunaan material konstuksi lainnya.
  • Mudah diganti jika perhitungan atau perencanaan tidak berhasil.
  • Dapat diterapkan sebagai sebagai struktur pesisir untuk mengatasi masalah pesisir konvensional.
  • Dengan penerapan yang benar, geobag dapat memberikan perlawanan terhadap aksi gelombang.

Dilihat dari penggunaan dan fungsi geobag yang kompleks, tentu saja sudah mulai mengerti bahwa intinya geobag ini sangat penting untuk digunakan Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah pesisir, sedang menyelesaikan konstruksi dan memiliki masalah dengan tanah. Anda dapat mulai berinvestasi dalam memasok produk geobag yang sangat berguna ini, tentu saja, hanya dari distributor yang tepat seperti halnya CV Mega Abadi Perkasa.

aditia novit

Recent Posts

Geosintetik, Teknologi Baru untuk Konstruksi dan Pemeliharaan Jalan

Geosintetik adalah salah satu material proyek yang saat ini banyak digunakan dalam berbagai proyek konstruksi.…

July 7, 2021

Apa Itu Erosi Pantai dan Penyebab Erosi Pantai di Indonesia

Selain mempunyai lautan yang luas, Indonesia juga memiliki banyak pantai yang indah dan cantik. Namun…

July 7, 2021

2 Perbedaan Penting Antara Geotekstil dan Geomembrane yang Harus Anda Ketahui

Geomembran dan geotextile sering digunakan dalam konstruksi teknik sipil. Ada sejumlah perbedaan antara geotextile dan…

July 7, 2021

Pengertian Geomembrane, 4 Jenis Geomembran dan Fungsinya

Sebagian orang mungkin pernah melihat Geomembrane dalam aktivitasnya sehari-hari. Namun, karena istilah ini banyak digunakan…

July 7, 2021

Contoh Penggunaan Geotextile Dalam Proses Pembangunan

Jika Anda sudah terbiasa bekerja dalam proyek pembangunan, maka tak heran jika sudah tidak asing…

June 5, 2021

Harga Geotextile Woven dan Non Woven Terbaru

Geotextile di Indonesia sudah tidak asing lagi. Banyak sekali aplikasi dalam dunia pembangunan yang memanfaatkan…

June 1, 2021