Artikel

Geocomposite Adalah ? – Definisi, Fungsi dan Aplikasinya

Geocomposite adalah salah satu material yang banyak dibutuhkan di sejumlah proyek, terutama proyek penguatan tanah. Namun apa sebenarnya geocomposite, fungsinya secara spesifik dan penggunaannya? 

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas lebih banyak mengenai material proyek yang satu ini untuk anda. Langsung saja, simak ulasan selengkapnya yang telah kami siapkan berikut ini.

Geocomposite adalah..?

Sumber gambar: Shandon Dajin Geosynthetics

Geocomposite adalah salah satu material proyek yang terbuat dari gabungan geotextile non woven dengan anyaman polyester 2 arah yang membuatnya memiliki kekuatan tarik tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai stabilisator, separator dan juga filter dalam proyek konstruksi.

Jenis-Jenis Geocomposite

Sumber gambar: Solmax

Geocomposite sendiri diketahui terbagi atas 3 jenis berbeda berdasarkan pada bahannya. Adapun ketiga jenis geocomposite yang dimaksud meliputi:

Geotextile Composite

Geotextile composite ini adalah jenis geocomposite yang terbuat dengan geotextile non woven yang diperkuat dengan benang polyester. Jenis geocomposite ini sendiri adalah salah satu yang paling umum dan mudah ditemukan di pasaran.

Geotextile – Geogrid Composite

Jenis Geocomposite ini adalah material perpaduan antara geogrid dan juga geotextile non woven, dimana geotextile non woven disini berperan sebagai filler (mengalirkan air dan menahan material) dan sedangkan georid berfungsi sebagai penguat (reinforcement). Biasanya jenis geocomposite ini lebih sering digunakan untuk pekerjaan perkuatan tanah lereng dan timbunan.

Geotextile – Geonet Composite

Jenis geocomposite ini adalah hasil perpaduan antara geotextile non woven dan juga geonet, dimana kedua atau salah satu sisinya dari geonet dilapisi dengan geotextile. Jenis geocomposite ini sendiri memiliki fungsi separator (pemisah) dan filter (penyaring) yang baik. Dalam pekerjaan proyek, jenis geocomposite ini juga dikenal dengan nama geocomposite drainase.

Geotextile – Geomembrane Composite

Jenis geocomposite ini terbuat dari non woven geotextile dan geomembran, dimana kedua atau salah satu sisi geomembrane dilapisi dengan geotextile. Karena perpaduan dua produk geosintetik ini, jenis geocomposite ini memiliki kekuatan tarik yang tinggi dan juga ketahanan terhadap tusukan yang baik.

Fungsi Geocomposite

Sumber gambar: Geosistem

Dalam pekerjaan proyek, Geocomposite adalah salah satu material yang memiliki banyak sekali fungsi. Adapun beberapa dari fungsi produk geotextile yang satu ini adalah sebagai berikut:

Stabilisator (Penguat) – Pada proyek konstruksi bendungan atau tanggul tanah, Non Woven Geocomposite memiliki fungsi sebagai perkuatan (reinforcement) yang menahan struktur dari longsoran.

Separator (Pemisah) – Pada proyek perkerasan jalan, non woven geocomposite berperan sebagai perkuatan dan juga separator yang memisahkan lapisan tanah asli dengan timbunan di atasnya (perkerasan). Sehingga material tanah tidak naik ke bagian perkerasan.

Filter (Penyaring) – Pada pekerjaan konstruksi slope, Non Woven Geocomposite memainkan fungsi utama sebagai filter yang menahan material tanah agar tidak terbawa aliran air (erosi) dan menahan beban dari batu-batu pemberat di atasnya agar tidak langsung memberikan beban ke tanah.

Kelebihan Geocomposite

Sumber gambar: Geomembrane and Geotextile

Sebagai salah satu material proyek, Geocomposite sendiri memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan material lainnya. Adapun sejumlah keunggulan tersebut meliputi:

  • Berdasarkan banyak hasil uji lab, disebutkan bahwa Geocomposite memiliki kekuatan tarik yang tinggi untuk arah panjang dan lebarnya.
  • Geocomposite juga memiliki kemampuan meloloskan air yang tinggi (filtrasi baik) yang menjadikannya salah salah satu filter air dalam pekerjaan proyek.
  • Proses pemasangan Geocomposite yang terbilang mudah dan cepat.
  • Penggunaan Geocomposite termasuk lebih murah dibandingkan dengan metode penanganan lainnya.

Aplikasi Material Geocomposite

Aplikasi material Geocomposite biasanya dapat ditemukan dalam sejumlah jenis proyek teknik sipil. Adapun beberapa diantaranya adalah seperti:

  • Timbunan tanah
  • konstruksi jalan
  • konstruksi jalan kereta api
  • Slope Protection
  • Pembuatan bendungan/tanggul tanah
  • Bangunan air “Break Water”
  • Reklamasi
  • Revetment Pantai
  • Perkuatan tanah Pondasi
  • Dinding Penahan Tanah

Harga Geocomposite di Indonesia

Sumber gambar: CV. MEGA ABADI PERKASA

Terkait dengan harga Geocomposite di Indonesia, hal ini sebenarnya cukup variatif. Pasalnya setiap distributor jual geocomposite menawarkan harga yang berbeda-beda untuk produk geocomposite ini. Selain itu, harga geocomposite sendiri juga dipengaruhi oleh jumlah kebutuhan (ukuran) dari proyek terkait. 

Sekian beberapa ulasan dari kami mengenai Geocomposite. Dari ulasan di atas, dapat diketahui bahwa geocomposite adalah material yang sangat dibutuhkan di berbagai kebutuhan proyek, terutama proyek yang melibatkan penguatan tanah.

Geocomposite sendiri dapat memainkan peran sebagai stabilisator (penguat), separator (pemisah) dan juga fiter (penyaring) ketika diaplikasikan.

Semoga ulasan yang kami sampaikan ini bermanfaat. Jangan lupa juga untuk mengikuti blog ini untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai material proyek dan juga aplikasinya. Terima kasih.

Endar Julian

Recent Posts

Geocell Adalah ? – Definisi, Kegunaan dan Keunggulan

Geocell adalah salah satu jenis dari bahan geosintetis yang terbuat dari High Density PolyEthylene (HDPE).…

January 19, 2022

Geogrid Adalah ?- Definisi, Kelebihan, dan Fungsi

Geogrid adalah sebuah material konstruksi yang biasa digunakan sebagai perkuatan atau tulangan. Namun sifatnya sangat…

January 15, 2022

Teknik Quilting Adalah ? Definisi, Prinsip, dan Penggunaan

Apakah teknik quilting adalah teknik menjahit? Hm, mungkin umumnya teknik penjahitan banyak orang paham hanya…

December 18, 2021

2 Kelebihan Polyester Fiber Sebagai Bahan Baku Industri

Apa saja kelebihan polyester fiber ? Bahan ini menjadi produk unggulan di kalangan masyarakat, namun…

December 18, 2021

Polyester Fiber Adalah? Definisi, Manfaat dan Kelebihannya

Ditemukan pertama kali pada tahun 1941 oleh Whinfield and Dickson, Polyester Fiber adalah salah satu…

December 17, 2021

Geosintetik, Teknologi Baru untuk Konstruksi dan Pemeliharaan Jalan

Geosintetik adalah salah satu material proyek yang saat ini banyak digunakan dalam berbagai proyek konstruksi.…

July 7, 2021