Artikel

Polyester Fiber Adalah? Definisi, Manfaat dan Kelebihannya

Ditemukan pertama kali pada tahun 1941 oleh Whinfield and Dickson, Polyester Fiber adalah salah satu bahan tekstil yang saat ini banyak digunakan di industri tekstil.

Namun hingga hari ini, masih sangat banyak orang yang masih awam dengan bahan tekstil yang satu ini alias belum mengenalnya.

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami memutuskan untuk membuat ulasan singkat yang dapat menjelaskan tentang apa itu polyester fiber dan juga kegunaannya?

Langsung saja, berikut ulasan lengkapnya yang telah kami siapkan untuk anda. 

Polyester Fiber Adalah ….?

Sumber gambar: Dokuruma

Polyester fiber adalah suatu bahan atau serat yang dibuat menggunakan senyawa kimia ethylene glycol dan juga asam tereftalat yang dikombinasikan dengan bahan polyethylene terephathalate (PET).

Kebanyakan orang mengetahui bahwa Polyester fiber ini sering digunakan dalam industri tekstil. Namun jauh di masa lalu, fiber Polyester juga digunakan untuk berbagai keperluan lainnya seperti pelapis anti panas dan juga pelindung mesin jet.

Kegunaan Polyester Fiber

Sumber gambar: iStock

Fiber Polyester adalah salah satu bahan yang banyak digunakan dalam pembuatan berbagai macam produk industri, terutama industri pakaian, peralatan rumah tangga, kain dan masih banyak lagi.

Bahan ini sendiri hingga saat ini sangat sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan pakaian. Berkat karakteristiknya yang tidak mudah menyerap air, pakaian yang dibuat dengan polyester fiber umumnya lebih tahan lama, ringan, tidak mudah kering dan kotor.

Kelebihan Polyester Fiber

Sumber gambar: iStock

Polyester Fiber memiliki beberapa kelebihan yang menjadi alasan mengapa bahan ini sering dijadikan bahan baku pembuatan produk industri tekstil, khususnya pakaian. Beberapa diantaranya adalah:

Ketahanan Terhadap Noda

Polyester fiber memiliki sifat tidak mudah menyerap air. Hal tersebut membuatnya tidak mudah terkena noda. Jika pakaian yang terbuat dari polyester fiber terkena noda, maka anda membersihkan dengan jauh lebih mudah untuk dibersihkan.

Tidak Mudah Berkerut

Kelebihan lainnya dari Polyester Fiber adalah sifatnya yang tidak mudah berkerut. Polyester Fiber dikenal tidak mudah berkerut, meskipun telah digunakan berkali-kali. Hal tersebut juga yang membuatnya menjadi salah satu bahan baku favorit untuk kaos.

Sangat Ringan

Selain tidak mudah menyerap air, Polyester fiber juga memiliki sifat ringan. Sehingga bahan ini sangat banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan pakaian olahraga.

Kelemahan Polyester Fiber

Sumber gambar: Solusi Printing

Meskipun menjadi bahan baku umum produk industri, polyester fiber juga memiliki beberapa kelemahan. Adapun beberapa kelemahan tersebut adalah sebagai berikut:

Mudah Terbakar

Dikarenakan terbuat dari bahan kain plastik, katun polyester juga dikenal mudah terbakar. Oleh karena itu, kain atau pakaian dengan bahan ini sebaiknya dijauhkan dari sumber api dan peralatan bermuatan listrik.

Tekstur Tidak Lembut

Kelemahan lain dari Polyester fiber adalah terdapat pada teksturnya. Tekstur dari Polyester fiber ini tidak lembut dan kurang nyaman untuk orang yang memiliki kulit sensitif.

Berpotensi Menimbulkan Iritasi Pada Beberapa Orang

Dikarenakan polyester fiber dibuat menggunakan bahan kimia, maka pakaian atau kain yang dibuat menggunakan bahan ini dapat menimbulkan reaksi iritasi pada beberapa orang dengan kulit sensitif. Reaksi iritasi yang muncul biasanya berupa kulit menjadi merah dan reaksi gatal-gatal.

Dimana Membeli Polyester Fiber ?

Sumber gambar: nonwoven-geotextile.com

Polyester Fiber bukanlah bahan yang sulit untuk ditemukan. Bahan ini dapat ditemukan di hampir semua distributor geotextile Non Woven dan Woven di Indonesia saat ini, salah satunya adalah CV. Mega Abadi Perkasa.

Kami “CV. Mega Abadi Perkasa” adalah salah satu distributor geotextile terpercaya di Indonesia yang menyediakan berbagai produk Non Woven dan Woven berkualitas terbaik, termasuk juga Fiber Polyester ini. Harga yang kami tawarkan pun adalah salah satu yang paling bersahabat di seluruh Indonesia. 

Untuk pemesanan dapat dilakukan melalui informasi kontak yang tersedia. Kami melayani pemesanan dan pengiriman produk ke seluruh kota di Indonesia.

Seperti yang telah dibahas, Polyester Fiber adalah bahan tekstil yang hari ini semakin digunakan. Bahkan proyek teknik sipil (konstruksi) pun juga menggunakan bahan tekstil ini. Jika anda bekerja di dunia industri tekstil, maka anda mungkin akan menjumpai aplikasi penggunaan Polyester Fiber ini.

Semoga ulasan ini bermanfaat, jangan lupa juga untuk mengikuti blog ini untuk mendapatkan informasi edukatif lainnya dari kami. Terima kasih telah mampir.

Endar Julian

Recent Posts

Geocell Adalah ? – Definisi, Kegunaan dan Keunggulan

Geocell adalah salah satu jenis dari bahan geosintetis yang terbuat dari High Density PolyEthylene (HDPE).…

January 19, 2022

Geogrid Adalah ?- Definisi, Kelebihan, dan Fungsi

Geogrid adalah sebuah material konstruksi yang biasa digunakan sebagai perkuatan atau tulangan. Namun sifatnya sangat…

January 15, 2022

Geocomposite Adalah ? – Definisi, Fungsi dan Aplikasinya

Geocomposite adalah salah satu material yang banyak dibutuhkan di sejumlah proyek, terutama proyek penguatan tanah.…

December 30, 2021

Teknik Quilting Adalah ? Definisi, Prinsip, dan Penggunaan

Apakah teknik quilting adalah teknik menjahit? Hm, mungkin umumnya teknik penjahitan banyak orang paham hanya…

December 18, 2021

2 Kelebihan Polyester Fiber Sebagai Bahan Baku Industri

Apa saja kelebihan polyester fiber ? Bahan ini menjadi produk unggulan di kalangan masyarakat, namun…

December 18, 2021

Geosintetik, Teknologi Baru untuk Konstruksi dan Pemeliharaan Jalan

Geosintetik adalah salah satu material proyek yang saat ini banyak digunakan dalam berbagai proyek konstruksi.…

July 7, 2021